Jenis-jenis Perangkat Keras Internet untuk Multimedia

Posted by Admin - IsalBlog.com Senin, 30 April 2012 0 komentar
Bagi yang sering beraktivitas di internet, apakah Anda mengetahui perangkat keras internet untuk multimedia? Ya, perangkat keras internet, khususnya internet, selain dapat digunakan sebagai media untuk mencari informasi seperti berita, juga dapat dimaksimalkan untuk alat berkomunikasi. Terkait dengan komunikasi, sekarang internet mendukung komunikasi multimedia sehingga media yang dihantarkan tidak hanya sekadar teks, melainkan gambar, suara, bahkan video.

Untuk melakukan aktivitas multimedia tersebut maka dibutuhkan sebuah perangkat. Perangkat untuk mengirim suara, membuat video, serta menerima keduanya. Perangkat tersebut dikenal dengan perangkat keras internet multimedia.

Perangkat ini sekarang banyak tersedia di toko-toko komputer. Anda dapat dengan mudah mencari dan mendapatkannya. Sebelum memulainya, alangkah lebih baiknya Anda mengenal perangkat keras internet multimedia tersebut.

Perangkat Keras Internet PC


Sebelum membahas lebih lanjut mengenai perangkat keras internet multimedia, perangkat keras terpenting yang harus Anda miliki adalah sebuah komputer atau PC (Personal Computer). PC ini sekarang hadir dengan beragam tipe, merek, serta harga.

Beberapa tahun yang lalu, harga sebuah PC sangatlah mahal. Namun sekarang, untuk harga sebuah PC bertipe netbook, notebook atau laptop, memiliki banderol yang sangat terjangkau.

Alat yang termasuk perangkat keras internet multimedia ini digunakan sebagai media untuk menampilkan komunikasi yang akan dikirim dan diterima seperti teks, gambar, dan video. Kisaran harga PC yang hadir di pasaran tergantung tipe serta merek.

Untuk PC, harga yang dibanderol toko komputer antara 500 ribu hingga 4 jutaan. Untuk netbook, notebook, serta laptop, harga yang ditawarkan mulai 2 juta hingga 20 juta. Sekali lagi, semua bergantung dari tipe dan merek.

Perangkat Keras Internet Koneksi


Koneksi dibutuhkan sebagai media penghantar internet. Melalui alat ini, komunikasi multimedia dapat terjadi. Perangkat keras internet tersebut sangat vital. Tanpa sebuah koneksi maka aktivitas internet tidak dapat dilakukan.

Koneksi ini hadir di sebuah perangkat keras internet yang bernama modem. Modem memiliki banyak tipe. Modem ada yang berupa tanpa kabel atau nirkabel dan modem yang melalui jaringan telepon. Umumnya, perangkat keras internet modem yang dipakai pengguna internet rata-rata menggunakan modem tanpa kabel. Bentuknya menyerupai alat penyimpanan data flashdisk.

Untuk harga, modem ini berkisar antara 200 ribu hingga 1 jutaan. Semua bergantung merek. Perangkat keras internet modem yang melalui jaringan telepon biasanya tergantung ISP (Internet Service Provider). Sekarang, ISP tidak didominasi oleh Telkom. ISP lain yang layak diperhitungkan seperti Citra Net, Fast Net, atau Bizz Net.

Jika membicarakan perangkat keras internet modem, Anda harus memerhitungkan masalah tarif. Memang saat ini tarif untuk berinternet tidaklah semahal beberapa tahun lalu. Ada banyak pilihan tarif. Atau yang sering disebut dengan paket. Ada volume based dan ada juga time based.

Pendek kata, sebelum memilih provider mana yang akan digunakan, alangkah lebih bijaknya melakukan sedikit riset untuk membandingkan antaroperator. Jangan sampai Anda terjebak promosi yang mengandalkan embel-embel murah dan hemat.

Perangkat Keras Internet Headset


Komunikasi multimedia internet sekarang tak hanya didukung dengan teks, suara pun dimungkinkan untuk dilakukan. Dengan demikian, Anda membutuhkan perangkat keras internet yang dapat mengirimkan serta menerima voice atau suara. Alat tersebut bernama headset.

Dengan sebuah headset, kita bisa mendengarkan sebuah suara serta mengirimkan suara. Namun, jangan sampai salah ketika membeli sebuah headset. Sebab headset di pasaran terdapat dua macam, yaitu headset yang tanpa mic dan headset yang dilengkapi sebuah mic. Lantas apa bedanya?

Headset jenis pertama yang tanpa sebuah mic hanya mampu menerima suara saja. Biasanya perangkat keras internet tersebut memang dipergunakan hanya untuk mendengarkan suara seperti musik atau lagu yang memang ingin didengarkan sendiri oleh penggunanya. Headset jenis kedua adalah headset yang dilengkapi dengan sebuah mic. Headset jenis ini memang diperuntukkan sebagai perangkat keras internet khusus untuk multimedia.

Letak mic akan disematkan di sebelah kiri headset atau disamping kiri mulut Anda. Dengan demikian, ketika Anda berbicara dengan lawan komunikasi maka voice akan dapat langsung dikirimkan.

Lantas berapakah harga sebuah perangkat keras internet headset yang dilengkapi dengan sebuah mic? Beragam. Sekali lagi bergantung tipe dan merek. Ada yang hanya 30 ribuan, bahkan ada yang mencapai 1 jutaan. Headset yang canggih sekarang mendukung nirkabel atau tanpa kabel. Anda tak perlu ribet dengan gulungan kabel yang selalu membelit di sekitar komputer.

Perangkat Keras Internet Webcam


Perangkat keras internet terakhir yang paling vital adalah sebuah webcam. Mengapa vital? Tanpa sebuah webcam, aktivitas komunikasi multimedia tidak akan dapat dilakukan secara maksimal. Fungsi sebuah webcam adalah menangkap, mengirim, dan menerima sebuah video yang akan ditampilkan di layar komputer. Webcam biasanya akan terintegrasi di sebuah netbook, notebook, atau laptop. Namun ada juga webcam yang sifatnya eksternal.

Untuk PC yang terintegrasi webcam memang harganya lebih mahal daripada PC yang tanpa webcam. Namun biasanya, untuk PC era sekarang, seperti netbook, notebook, atau laptop, sudah dilengkapi sebuah webcam. Harganya juga sangat terjangkau, antara 2 jutaan hingga 20 jutaan. Semua bergantung tipe serta merek. Bilamana Anda tidak memiliki PC yang tanpa integrasi sebuah webcam, sebuah webcam eksternal dapat didapatkan di toko-toko komputer terdekat.

Untuk harga sebuah webcam eksternal, harga yang ditawarkan di toko-toko komputer saat ini berkisar antara 75 ribu hingga 800 ribuan. Kembali semua bergantung tipe serta merek perangkat keras internet webcam tersebut.

Lantas apakah ada sebuah webcam yang memiliki fitur nirkabel seperti headset? Tentu saja ada. Namun harganya juga tidak sama dengan yang menggunakan kabel. Alias lebih mahal.

Perangkat Keras Internet Lainnya

Selain PC, modem, headset, dan webcam, adakah perangkat keras internet lainnya yang dibutuhkan dalam aktivitas multimedia? Sejatinya berbagai perangkat keras di atas adalah perangkat keras internet yang wajib dimiliki. Namun, jika Anda ingin aktivitas multimedia yang lebih mantap, berbagai perangkat keras internet berikut mungkin layak untuk dimiliki.

Perangkat Keras Internet Speaker Aktif

Dengan sebuah speaker aktif maka suara yang dihasilkan dalam aktivitas multimedia akan semakin lebih maksimal. Sebuah perangkat keras internet speaker akan menghasilkan suara yang menggelegar seperti di dalam studio bioskop. Memang untuk melakukan sebuah komunikasi multimedia seperti chatting atau video call, tidak membutuhkan sebuah speaker aktif. Namun, untuk menikmati tayangan video seperti menonton film maka speaker aktif layak untuk dimiliki.

Perangkat Keras Internet Penyimpanan Media

Perangkat keras internet peyimpanan media dipergunakan untuk meyimpan sebuah media hasil unduhan di internet bilamana ruang penyimpanan di komputer telah terisi maksimal. Media penyimpanan data ini dapat berupa flashdisk atau harddisk eksternal.

Media ini memiliki kelebihan dan kelemahan. Kelebihan di antara keduanya adalah selain praktis dan dapat dibawa ke mana-mana, harganya juga sangat terjangkau. Semuanya bergantung pada ruang yang ditawarkan.

Untuk flashdisk, kisaran harga yang dibanderol antara 50 ribu hingga 200 ribuan. Harddisk eksternal berkisar antara 300 ribuan hingga 2 jutaan. Tergantung ruang yang ditawarkan. Hingga hari ini, ruang tersedia yang ditawarkan hingga 2 terabyte.

Sementara itu, kelemahan di antara keduanya, yaitu media penyimpanan ini rentan akan tertularnya sebuah virus komputer. Jika Anda kurang berhati-hati dalam merawat dan menggunakan perangkat keras internet peyimpan data ini, virus komputer dapat mudah masuk dan menyebar. Imbasnya, tentu saja PC Anda akan menjadi korban yang dapat merusak atau memakan (menghapus) data-data di dalamnya.

Itulah penjelasan seputar perangkat keras internet. Semoga bermanfaat!

Poskan Komentar