Latest News

Perangkat Keras Jaringan Komputer

Perangkat Keras Jaringan Komputer - Untuk menambah kapabilitas manajemen jaringan lokal, Anda bisa memadukan dua atau lebih jaringan lokal. Penggabungan ini dimaksud Interconnection Network. Untuk memadukan jaringan-jaringan lokal itu diperlukan beberapa perangkat keras jaringan komputer.

Perangkat keras jaringan komputer


Beberapa perangkat keras jaringan komputer akan kita bahas dibawah ini, diantaranya sebagai berikut :
1. Komputer Server
Server yaitu system computer yang jalan terus-terusan di jaringan dengan pekerjaan untuk melayani computer client dalam jaringan. Secara fisik, perangkat keras jaringan komputer ini nyaris sama dengan computer biasanya, walau konfigurasi hardware atau piranti keras seringkali dioptimisasi untuk penuhi peranannya untuk server. Perbedaan pada server serta computer biasanya lebih terdapat pada software yang dipakai. Server juga dengan cara kerap jadi host dalam mengontrol hardware yang bakal di-share pada workstation seperti printer (print server) serta system file (file server). Sistem berbagi baik untuk kontrol akses serta keamanan bisa kurangi cost untuk duplikasi hardware, hingga pemakaian hardware bisa maksimal.

2. Computer Client
Computer client yaitu computer yang dipakai untuk lakukan pemrosesan data yang di ambil dari computer server. Computer client terima service dari computer server.

3. LAN Card
LAN card yaitu piranti keras jaringan computer berbentuk kartu jaringan yang berupa papan elektronik yang bakal dipasang pada tiap-tiap computer yang terhubung pada jaringan (baik server ataupun client). Waktu ini, sangat banyak type kartu jaringan. Walau demikian, terdapat banyak hal yang butuh di ketahui dari kartu jaringan seperti jenis kartu, type protokol, serta jenis kabel yang didukungnya.

4. Hub
Hub yaitu satu piranti keras jaringan computer yang mempunyai banyak port. Hub berperan untuk menghubungkan computer server ke sebagian computer client hingga bakal membuat satu jaringan dengan topologi star. Pada jaringan yang umum, suatu port bakal menghubungkan hub dengan computer server. Sesaat port yang lain dipakai untuk menghubungkan hub dengan sebagian computer client.

5. Kabel dan Konektor
Perangkat keras jaringan komputer selanjutnya yaitu kabel serta konektor. Kabel serta konektor yaitu kabel jaringan yang dipakai untuk menghubungkan satu computer dengan computer yang lain dalam satu jaringan. Kabel yang umum dipakai di jaringan yaitu kabel UTP. Sedang konektor yang umum dipakai yaitu konektor RJ-45.

6. Repeater
Repeater nyaris sama sesuai hub. Repeater yaitu piranti keras jaringan computer berbentuk alat simpel yang berperan untuk melakukan perbaikan serta memperkuat tanda yang melewatinya. Dua sub jaringan yang dikaitkan oleh piranti keras ini mempunyai protokol yang sama juga dengan jarak yang berjauhan hingga komunikasi diantara ke-2 sub jaringan itu bisa berjalan dengan baik.

7. Bridge
Bridge (jembatan), sesuai sama dengan namanya, piranti keras jaringan computer ini berperan untuk menghubungkan sebagian jaringan yang terpisah, baik jaringan yang sama ataupun tidak sama. Bridge memetakan alamat jaringan serta cuma memperbolehkan jalan raya data yang dibutuhkan.

8. Router
Langkah kerja router serupa dengan bridge. Perbedaannya, piranti keras jaringan computer ini yaitu penyaring atau filter jalan raya data. Penyaringan dikerjakan dengan memakai protokol spesifik. Suatu router umumnya terdapat pada suatu gateway, tempat dimana dua atau lebih jaringan terkoneksi keduanya.

9. Gateway
Piranti keras jaringan computer ini dipakai untuk interkoneksi jaringan dimana masing-masing jaringan mempunyai arsitektur yang benar-benar tidak sama. Banyak protokol komunikasi mengakibatkan dibutuhkannya gateway dalam satu jaringan. Gateway menerjemahkan protokol hingga jadi compatible (pas) supaya komunikasi data di jaringan bisa bekerja dengan baik.

Sekianlah sebagian perangkat keras jaringan komputer diatas kerap dipakai untuk bangun suatu jaringan komputer. Tetapi tak seluruhnya perangkat keras jaringan komputer tersebut di atas diperlukan. Hal semacam ini sesuai dengan keperluan serta anggaran dana yang ada.

0 Response to "Perangkat Keras Jaringan Komputer"