Latest News

Desa Wisata Samangki

Desa Samangki - Tentu belum dikenal meluas, namun jika menyebut Taman Wisata Bantimurung, sebagian besar masyarakat Sulawesi Selatan bahkan Indonesia tentu sudah sering mendengarnya. Begitu pula dengan nama Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung atau yang sering kita dengar bahwa Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan.

Lantas apa hubungan antara Desa Wisata Samangki dengan Taman Wisata Bantimurung dan Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung? Secara geografis letak Desa Wisata Samangki berada di dalam wilayah Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros. Sebagian wilayah Desa Samangki merupakan jalur transportasi darat antara kabupaten yg menghubungkan dgn beberapa daerah di Sulawesi-Selatan, mengakibatkan desa ini menjadi daerah persinggahan yang ramai.

Desa Wisata Samangki



Desa Wisata Samangki memiliki potensi pertanian yang luas, hingga sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai petani. Selain itu, desa berpenduduk 4.862 jiwa (hasil sensus penduduk tahun 2010) ini, kaya dengan daya tarik wisata yang beragam.

Wilayah hutan yang dimilikinya termasuk dalam kawasan hutan negara dan sebagian dari wilayahnya merupakan kawasan Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung. Karena sebagian wilayahnya merupakan kawasan hutan lindung dan taman nasional, maka desa ini memiliki kekayaan flora dan fauna yang juga beraneka ragam.

Dalam wilayah Desa Wisata Samangki juga terdapat sejumlah objek wisata andalan Kabupaten Maros dan Propinsi Sulawesi Selatan, sebut saja Taman Wisata Alam Bantimurung Bulusaraung yang merupakan Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan dan selama ini menjadi primadona pariwisata alam yang ramai dikunjungi. Atau sarana wisata keluarga yang kini mulai populer sebagai objek wisata permandian yang baru dibangun, Maros Waterboom.

desa wisata samangki

Daya tarik wisata lainnya yang terdapat di Desa Wisata Samangki ini adalah banyak terdapat situs cagar budaya yang dilindungi dan masih terjaga keutuhannya. Salah satunya adalah Biseang Labboro, gundukan batu besar yang berbentuk perahu terbalik yang termasuk dalam Kawasan Pattunuang. Di kawasan ini juga banyak terdapat goa-goa alam peninggalan masa prasejarah yang masih terjaga.

Karena beragammnya daya tarik wisata yang dimiliki Desa Samangki itu, maka pemerintah melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri bidang Pariwisata menjadikan desa ini desa wisata. Untuk mengenal Desa Wisata Samangki lebih dekat, desa ini kini sudah dpt dijangkau secara online melalui websitenya: www.desawisatasamangki.com. Selamat berkunjung!!!

Saya rasa cukup untuk postingan mengenai Desa Wisata Samangki ini yang saya peroleh dari Blog IHSYAH, untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi Website Resmi Desa Wisata Samangki. Enjoy & Happy Blogging.

Semoga Bermanfaat
^_^

28 Responses to "Desa Wisata Samangki"

  1. Bantimurung meski saya blom kesana tapi memang benar tak asing dipendengaran kita.
    Menakjubkan sob,apa yang dipunyai Desa Samangki,rasanya ingin wisata ke daerah tsb.Makasih infonya, semoga post ini jadi pemicu lebih giatnya Desa Samangki berpromosi,happy blogging.

    BalasHapus
  2. Saya belum pernah ke Sulawesi. Mudah2an kesampaian bisa ke Desa Samangki :)

    BalasHapus
  3. sangat adem dan nyaman ya suasana kampung diatas, jadi ingat kampung halamanku mas,, :)

    BalasHapus
  4. @Laras Mays iya betul bantimurung memang sdh tdk asing lagi dipendengaran kita. tp untuk desa samangki tentu masih terasa asing bagi kita, padahal desa samangki juga masih termasuk daerah bantimurung. jadi apa salahnya sobat berkunjung ke bantimurung sekalian mampir ke desa wisata samangki. dan saya ucapkan banyak terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, semoga dengan komentar sobat ini juga bisa jadi pemicu lebih giatnya Desa Samangki berpromosi, dan semakin dikenal oleh masyarakat indonesia bahkan mancanegara....Enjoy & Happy Blogging.

    BalasHapus
  5. @lina@happy family iya mbak lina sy doain moga cepat kesampaian dan bisa berkunjung ke desa samangki sekalian mampir ke rmh sy...hehhehe

    BalasHapus
  6. @Rama88 iya mas memang adem dan nyaman desa samangki ini... wah lagi tdk di kampung yah mas, klo gi2 pulkam aja mas...hehhehe

    BalasHapus
  7. @Candra terima kasih banyak atas kunjungannya. meluncur ke TKP gan...

    BalasHapus
  8. terimakasih sudah berbagi informasi ini, sukses selalu untuk Isal..

    BalasHapus
  9. @IHSYAH Sama-sama sy memang senang berbagi, sy jg ucapkan banyak terima kasih ke pada Blog IHSYAH atas kunjungan dan kesediaannya berkomentar di blog sederhana ini.
    Enjoy & Happy Blogging....
    ^_^

    BalasHapus
  10. keliatannya desa samangki masih asri banget ya dan jernih air airnya gak seperti di jakarta, kumuh banget :(

    BalasHapus
  11. @Farixsantips iya gan, masih sangat asri airnyapun masih jerni.
    terima kasih banyak atas kunjungannya dan di tunggu kunjungannya di desa samangki tp klu tdk bisa berkunjung kesana, sekarang desa samangki sudah bisa di jangkau melalui websitenya www.desawisatasamangki.com
    promosi nih...hehheheh

    BalasHapus
  12. wah keren jadi pengen kesana kan dekat ama kendari

    BalasHapus
  13. keren, kapan-kapan semoga bisa kesana.. hehe

    BalasHapus
  14. wa, jadi kepengen kesana gan. wisata alam indonesia memang serba wah deh.s a;am kenal gan.

    BalasHapus
  15. wow .. fotonya cantik cantik .... kayak di kampungku sini masih hijau di mana2 cuma nggak ada gunungnya :)

    BalasHapus
  16. kunjungan lagi gan..
    meramaikan suasana pagi ini.. hehe..
    :)

    BalasHapus
  17. Walaupun pedesaan tetep keren ya sob :)

    BalasHapus
  18. Kunjungan malam sobat...Seharian habis ngeposting..langung menuju kesini untuk menambah wawasan..

    BalasHapus
  19. @Admin-Wahid Sahidu oh org kendari yah gan, klo ke Maros jgn lupa ke desa samangki yah... heheheh

    BalasHapus
  20. @Outbound Malang iya gan betul sekali, datang aja gan, sekalian tukaran agan ke desa samangki sy ke Outbound Malang... hehhehe

    BalasHapus
  21. @Ely Meyerklo gitu kalah donk gan, desa samangki banyak gunungnya...heheheh

    BalasHapus
  22. @Outbound Malang iya gan, terima kasih banyak atas kunjungannya...

    BalasHapus
  23. @Catatan Ardhajustru pedesaanlah yg keren gan, dgn pesona alamnya yg bgi2 indah

    BalasHapus
  24. @Film Mediafireterima kasih banyak gan atas kunjungannya dan komentarnya.....

    BalasHapus
  25. keren bgt sana :)
    ihihih,, klo ada rejeki jalan2 kesana ah :)

    BalasHapus